keripik.co.id - pusat produksi aneka keripik
Home » Blog » Produk UKM dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN

Produk UKM dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN

Friday, December 4th 2015
Produk UKM

Produk UKM

 

Dengan  adanya masyarakat ekonomi asean di harapkan bisa menjadi pemicu untuk pertumbuhan ukm masyarakat indonesia untuk lebih memajukan ekonomi dan bisa bersaing dengan negara-negara yang lain.

Karena masih minimnya standar produk makanan dan minuman sektor UKM di Indonesia menjadi salah satu alasan rendahnya daya saing produk lokal terhadap produk luar negri salah satunya produk makanan. Sehingga tahun depan Indonesia dihadapkan bisa bersaing dengan  Masyarakat Ekonomi ASEAN sehingga produk dalam nengri bisa banyak di keluar oleh orang luar negri.

Karena kuantitas produk kita masih kurang sehingga perlu di tingkatkan kembali untuk bisa masuk ke pasar global maka perlu di lakukan banyak pembenahan terhadap mutu dan kwalitas pproduk kita agar di terima oleh masyarakat luar negri khususnya.

 

produk ukm keripik buah

produk ukm keripik buah

Sementara ini untuk makanan standar produk kita terlalu jauh seperti standar keamanan, makanan dan minuman di UKM kita sementara ini nggak siap, baik entang produk maupun pelaku usahanya. Sudah ada survei dari Badan POM bahwa itu masih sangat sedikit,” kata Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (Gapmmi) Adhi S. Lukman ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis

 

Lanjut lagi Menurut pak Adhi, sertifikasi standar produk mutlak diperlukan, untuk menghadang semakin membanjirnya barang-barang sejenis dari UKM negara tetangga. Karena setelah efektif berlakunya MEA pada 1 Januari 2016, sertifikasi produk akan berlaku juga untuk standar di semua negara ASEAN. Maka mulai sekarang pelaku usaha harus segera melampirkan BPOM pada setiap produknya.

PRODUK UKM

Untuk saat ini standar yang ada saat ini otomatis sudah diadopsi ASEAN setelah harmonisasi. UKM kita nggak tahu standar, otomatis UKM negara lain bisa masuk, UKM kita sebaliknya tak bisa masuk. Kalau pengusaha menengah besar, itu tak masalah, UKM kita sulit,” jelasnya.

 

Seperti yang di contohkan terhadap produk dodol hampir di semua negara ASEAN produksi dodol, termasuk di Indonesia.

pproduk UKM Dodol Garut

pproduk UKM Dodol Garut

Seperti di Malaysia, Thailand semua jualan dan produksi dodol, bahkan Singapura juga bikin dodol duren segala macam. Mereka sudah standar di negara masing-masing, apalagi marketing mereka bagus, nantinya malah produk luar yang mengkuasai pasar kita” lanju Andhi.

Menurutnya,  produk-produk yang memiliki standar sertifikasi otomatis lebih diterima konsumen. Di luar itu, produk UKM lokal pun kalah jauh ketimbang negara tetangga dalam hal kemasan, dan harganya yang juga terjangkau.

Kita terhadap produk luar negri Paling kalah kita dari Thailand, Malaysia nomor 2. Karena dari segi packaging UKM Thailand luar biasa, apalagi kemasan plastik dan kaleng. Dari sisi harga pun menang karena produksinya besar,” katanya. Makanya kita harus mensiasati produk UKM kita agar tidak kalah sama produk luar.

 

 

http://finance.detik.com/read/2015/12/03/134219/3086927/4/dodol-ukm-ri-bisa-kalah-saing-dengan-produk-negara-tetangga

Tags : , , , , , ,
Share :

Artikel terkait Produk UKM dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN :

Posting blog Terpopuler
Inspirasi Usaha Cemilan Unik  Terlaris
Inspirasi Usaha Cemilan Unik Terlaris
Membuka sebuah usaha dibutuhkan banyak sekali faktor, salah satunya adalah ...
Usaha Makanan Ringan Snack Kering Bisa Dimulai Dari Rumah
Usaha Makanan Ringan Snack Kering Bisa Dimulai Dari Rumah
Usaha makanan ringan atau snack kering adalah salah satu bisnis ...
Peluang Usaha Camilan Keripik Sayur
Peluang Usaha Camilan Keripik Sayur
Makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang paling utama karena semua ...
Peluang Usaha Snack Kering dalam Kemasan
Peluang Usaha Snack Kering dalam Kemasan
Peluang Usaha snack kering makanan ringan dalam kemasan  merupakan peluang ...
Sate Ayam Ponorogo Lego
Sate Ayam Ponorogo Online
©2016 keripik.co.id